Thursday, September 18, 2014

Mendengarkan Musik Sekedarnya saja

Dan hadits dhaif memang boleh digunakan untuk meningkatkan semangat dalam mendapatkan keutamaan, tetapi seluruh ulama sepakat menolak hadits dhaif untuk menghalalkan yang haram atau mengharamkan yang halal.
================
kesimpulan pribadi ini ya. mohon maaf, ini adalah salah satu proses pikir saya. maka, kesimpulan ini relatif. maka, saya berlindung kepada allah dari kemungkinan bahwa saya akan menjadi kafir dengan menghalalkan yang haram atau pun mengharamkan yang halal.

menurutku, sebagian musik dan lagu itu haram dan sebagian lagi halal. halal-haramnya terkandung pada berbagai aspek pada musik/lagu itu sendiri ataupun aspek manfaat/madharat yang dibawa oleh musik/lagu itu sendiri. Misal, jika sebuah lagu merasa nyaman/comfortable sehingga membuat merilek-kan diri dari pikiran berat, membantu menenangkan diri, membantu mengurangi depresi maka akan menjadi sah bagimu musik tersebut. Namum jika mendengar musik hanya menjadi sebuah acara untuk bersantai dan menghabiskan waktu tanpa isi manfaat yang jelas bagimu, maka musik itu menjadi bathil bagimu. Dan tetap dengarkan musik ala kadarnya, jangan jadikan kebiasaan telinga melulu mendengarkannya. Karena menurut kesimpulanku, dari perdebatan para ulama tentang halal haram lagu/musik yang tidak memiliki kesimpulan akhir yang kuat, aku lebih memilih itu sebagai shubhat, namun tidak harus ditinggalkan. Karena pada suatu kondisi lagu/musik itu memang diperlukan, minimal sebagai penyeimbang akal, kata salah satu sahabat nabi demikian. Jangan terlalu menikmati musik, demikian simpulku.

seperti halnya mendengarkan nasyid, ia tampak baik. namun dengarkan seperlunya saja. semisal untuk menyemangati diri. tidak malah diperdengarkan di rumah setiap hari setiap waktu.

maka, jika kamu merasa menemukan "feeling" terhadap suatu musik/lagu maka telitilah liriknya, alat musiknya, pengaruhnya (baik ataupun buruk), asalnya, tujuannya, dan banyak hal lain yang sehingga kamu bisa yakin bahwa lagu/musik itu patut kamu dengar.
================
saya sekedar membaca-membaca beberapa referensi, maka sayapun harus mengambil sikap bagaimana musik/lagu berlaku pada pribadi saya. saya harus mengambil suatu sikap dan pelakasanaan atas pengetahuan-pengetahuan yang aku pelajari.

No comments:

Post a Comment