Saturday, October 5, 2013

Oprek Komputer Upruzz

Distro PC Linux OS, terancang dari Mandriva
Apa arti oprek. Oprek belum memiliki pengertian yang jelas. Namun, oprek dapat dimaknai 1) memperbaiki; 2) mengutak-atik suatu benda; 3) memodifikasi. Hanya beberapa kata kunci ini yang penulis dapati.

Oprek biasanya dihubungkan dengan komputer, baik secara fisik maupun sofware. Semisal, ngoprek PC, bisa diartikan mengutak-atik bagian-bagian peripheral PC. Misal lagi, oprel Linux, bisa diartikan melakukan modifikasi atau remastering atau tambal sulam atau menambah mengurangi bagian-bagian dalam distro Linux.

Asal kata oprek belum entah dari mana. Untuk melakukan oprek, minimal dibutuhkan 1) keberanian 2) pengetahuan minimla. Kenapa demikian, karena oprek itu bisa dilakukan dengan coba-coba, dan perlu berbekal pengetahuan yang cukup. Justru malah dengan melakukan oprek akan dapat menambah wawasan dan pengalaman tertentu.

Demikian, salam kebebasan dan kurangi bajakan. Demi Tegaldlimo yang lebih baik. Oya, mohon doa juga untuk rencana buka cabang up_ruzz.net. Mohon kasih saran lokasi yang tepat ya....:D

1 comment: