Tuesday, October 1, 2013

5 (lima) File Manager terbaik di Linux

Sedang update kernel di Zorin dengan PCMan FM.
Ini tentang FM. File Manager. Linux. Opensource. Linux Tegaldlimo. Banyuwangi. File Manager alias FM digunakan untuk mengakses dan mengatur isi/file hardisk. Berikut beberapa FM terbaik menurut up_ruzz. Simak ya....

Pertama.
Nautilus. Rilis pertama di tahun 2001, merupakan FM default untuk lingkungan Gnome. Nautilus punya banyak kelebihan, misal zooming, sharing folder, bisa pilih singgle click atau double click, bisa menambahkan emblem ke folder, dll.

Kedua.
Dolphin.  Adaalah FM ofisial di lingkungan KDE. Hampir sama dengan Nautilus, rilis pertama kali di tahun 2006. Tampilan folder bisa disett hirarki seperti di Windows Explorer. Terdapat kotak dialog pencarian.

Ketiga.
Thunar. Ialah File Manager di Xfce dekstop environment. Berdesain sederhana dan mudah digunakan. Terdapat menu bookmark dan semacam fungsi seperti di Nautilus.

Keempat.
Rox-Filer. Dirintis oleh RISC/reduced instruction set computing. Hanya memiliki beberapa tombol, namun FM ini sangat cepat dan tangkas. Secara keseluruhan, tata letak dan cara menggunakannya berbeda dengan umumnya FM.

Kelima.
PCMan FM. Rilis awal tahun 2006, oleh Hong Jen Lee, terpakai di lingkungan LXDE. Ini FM paling up_ruzz suka, mudah, elegan dan nyaman. Secara umum, tampilan mirip turunan Nautilus, dengan gaya seperti Thunar. FM ini tidak ada kotak dialog pencarian.

Sekian. Salam berkreasi. Perbanyak konten dengan buatan sendiri.

No comments:

Post a Comment