Tuesday, October 1, 2013

Negara Pengguna Linux Terbesar

Hasil capture google insight. Indonesia tidak tercatat.
Hasil baca beberapa artikel mengenai negara pengguna linux, berikut kesimpulan yang dapat dicatat.

Artikel tahun 2008, menyatakan isi berdasarkan google insight bahwa Indonesia merupakan salah satu dari lima negara yang mengunakan distro Linux terbesar di dunia, terutama Ubuntu dan OpenSuse. Lalu, kenapa kita tidak bangga? Dan malah membiasakan bajakan?

Artikel lain di tahun 2008, menyatakan Indonesia mendapati posisi ke empat pendistribusi Linux taraf dunia.

Dalam artikel lain, 2008, menulis tentang Vatikan yang menjadi pusat nasrani, di Roma Italia. Dimana negara Kota Vatikan menggunakan Linux secara total. Meski ini negara kecil, namun berani menentukan kebijakan.

Barusan cek lewat Google Insight, menunjukkan Kuba sebagai lakon utama peminat Linux dari sisi wilayah/negara. Indonesia tidak masuk 10 besar. Padahal baca artikel 2012, Indesia menjadi yang terbesar. Adakah yang salah dari pembacaan penelitian Google.

Artikel 2011, menulis Kuba sebagai negara terbanyak pengguna Linux. Diikuti secara urut yakni Vebezuela, Uruguay, Zimbabwe, Mozambique....ke 20 yakni India. Indonesia tidak termasuk 20 besar.

Artikel ini belum rampung. Semoga suatu saat nanti bisa direvisi. Salam uprus!


2 comments:

  1. saya adalah orang yang ingin sekali menggunakan linux tapi ketiak saya di benturkan dengan printer laserjet merek brather tinta tidak mau keluar tapi ketika memakai ms ofice itu tinta mau keluar

    masalh kedua adalah di libra office fitur yg di gunakantidak bisa membaca rumus logika yg terlalu panjang dan hiperling tidak berfungsi dengan baik

    tolong berikan solisinya

    ReplyDelete
  2. pake free office, libre terkadang ngk kompatibel

    ReplyDelete