Monday, September 30, 2013

Bersih-bersih CPU

Potret dari HP Anis. Tampak debu tebal di CPU up_ruzz.
Salam Linux Banyuwangi
Salam kebebasan dan keselamatan

Hari ini, satu kompi restart mulu di Cyber Cafe Up_Ruzz Kampungsongo. Namun, saya sudah menduga itu disebabkan karena kendala ringan. Langkah yang diambil adalah membersihkan total isi CPU.

Saya bongkar heatsink, processor, ram, mobo, power suplay. Heatsink saya cuci. Prosesor saya ganti pelapis pendingin baru. Power suply saya bongkar dan bagian dalam dibersihkan.

Seperti dalam photo, tergambarkan tebalnya debu yang menempel di sekitar rumah prosesor. Mungkin hampir setahun tidak dibersihkan. Soalnya, kasing samping telah saya buka. Hari ini saya pasang kembali. Hasilnya, tampak lebih bersih dan rapi.

Sedang, penyakit restart-nya teratasi. Dan hardisk sama sekali tidak bermasalah. Alhamdulillah, up_ruzz bisa bermain Point Blank kembali, hehe.

Memang, untuk melakukan perawatan PC agar tetap sehat, perlu dilakukan pemeriksaan. Pemerikasaan itu meliputi fisik dan software. Fisik dengan rajin membersihkannya, juga menguji kestabilan kelistrikan yang masuk ke CPU. Software dengan melakukan cleaning file-file tidak perlu, update antivirus, memperbaiki registry, menata file-file, dan banyak lainnya.

No comments:

Post a Comment