Sunday, September 22, 2013

Gaya Bahasa Sastra Fiksi


Makalah singkat dari saya, mengenai "gaya".

1. PENGERTIAN GAYA
Gaya adalah cara pengarang menampilkannya dengan menggunakan media bahasa yang indah, harmonis serta mampu menuansakan makna dan suasana yang dapat menyentuh daya intelektual dan emosi pembaca . Hal ini tercermin dari cara pengarang menyusun dan memilih kata-kata, tema dan dalam memandang persoalan, tercermin dalam pribadi pengarangnya. Oleh karena itu unsur cerita baru dapat sempurna apabila disampaikan dengan gaya tertentu pula.

2. MODEL GAYA
a) Gaya Bahasa
Secara praktis gaya bahasa dapat dibatasi pengertian dasarnya sebagai suatu pengaturan kata-kata dan kalimat-kalimat yang paling mengekspresikan tema, ide, gagasan dan perasaan serta pengalaman pengarang. Dalam persoalan gaya bahasa meliputi semua herarhi kebahasaan yaitu pilihan kata secara individual, frase, klausa, kalimat dan mencakup pula sebuah wacana secara keseluruhan.Pengembangan bahasa melalui sastra dikatakan bersifat pribadi karena sastra itu sendiri merupakan kegiatan yang pribadi dan perorangan, ia merupakan pengungkapan apa-apa yang menjadi pilihan pribadinya, hasil seorang sastrawan melihat lingkungannya dan memandang ke dalam dirinya. Maka, seringkalinya gaya bahasa sedikit banyak menunjukkan karakter penulisnya.
b) Gaya Berbicara
Pada dasarnya gaya bercerita juga berperan penting bagi pengarang untuk menulis cerita, di samping gaya bahasa yang dipergunakannya, karena pengertian gaya bahasa pada umumnya dapat dijelaskan sebagai salah satu metode pengarang dalam melukiskan cerita agar menarik bagi pembaca. Dalam penulisan cerita, biasanya setiap pengarang mempunyai gaya yang lain daripada yang lain. Pengarang biasa memperhatikan latar tepat atau waktu sebagai pembuka atau penutup cerita, akan tetapi ada pula yang menekankan pada tokoh atau penokohannya.

3. UNSUR GAYA
Secara umum meliputi dual hal. Pertama, unsur kebahasaan berupa kata dan kalimat. Kedua, unsur alat gaya yang meliputi masalah kiasan/metafor, majaz, simbolik, dll. Berikut dari unsur kebahasaan, meliputi:
- Pilihan kata dan/atau frase
- Penataan kata dan/atau frase
- Penyusunan kalimat
- Bentuk paragraf
- Nuansa makna
- Suasana penuturan
--------------------
Makalah ini disampaikan di PP Annur, Srono, Banyuwangi
Satu dari dua makalah singkat
Oleh Muha Sufyan

No comments:

Post a Comment