Thursday, September 26, 2013

Linux Banyuwangi, diwakili Pojok Selatan

Zencafe 2.2 di Lab Uprus
Salam Linux Banyuwangi!
Catatan hari ini adalah meng-inventarisir komputer-komputer yang digunakan oleh internet cafe up_ruzz.net tahun 2013, akhir September. Hingga kini, ada 9 komputer dengan model spek alias spesifikasi dan OS sebagai berikut (maaf bila catatan dianggap kurang detail).

  1. Client 1, lga, ram 2 gb (ddr3). OS Wattos R6, turunan Ubuntu. Ringan dan nyaman! File lagunya banyak di bilik satu ini lho, tapi bukan aku yang download. Aku kan dah tak bersedia download lagu, hehe. Oya, ada pengalaman untuk kompi ini. Sempat dulu panel didelete sama pelanggan, dan aku berusaha mengutak-atik untuk mengembalikannya, namun tidak berhasil. Baca-baca juga tidak ketemu. Ya, akhirnya install ulang.
  2. Client 2, lga ram 4 gb (ddr3). OS Wattos R6. Di bilik ini lagunya lebih banyak dari pada client 1. Juga ada Naruto dan Naruchigo, yang download lagi-lagi bukan aku lho ya. Untuk kompi ini, paling sering jadi jujugan pelanggan. Ada rencana untuk menggantinya dengan Blankon Pattimura buatan Indonesia atau Ubuntu 12.
  3. Client 3, p4, ram 512. Lubuntu 10.04. Kenapa tidak Lubuntu 12.04 atau yang terbaru? Ya, karena kita harus menyesuaikan OS dengan mesinnya. Segala yang baru belum tentu cocok dan sesuai to. Sebelumnya Lubuntu ini, terinstal Distro LXpup 13.04. Namun karena ada masalah shutdown (lama untuk tidak segera mati), maka aku ganti. Sekarang nyaman sekali dengan Lubuntu di bilik ini. Namun program office/perkantoran tidak ada WPS/Kingsoft, karena tidak bisa terinstall (butuh upgrade libc6). Maka, untuk office yang ada adalah Libreoffice!
  4. Client 4, p4, ram 512. OS Wattos R6. Lebih sempurna daripada di Wattos lain di kompiku. Coz pernah terupdate dan terupgrade. Pasalnya, biasanya ada bug di Wattos R6 dan R7 yakni tidak bisa "open file download" waktu kali pertama install di browser mozilla, kalau di Chromium bisa tuh "open". Dan client 4-ku ini bisa. Di sinilah dulu aku mencoba beberapa kali meremaster. Hingga tampilan playmouth kompi ini berbeda dengan Wattos yang lain.
  5. Client 5, p4, ram 512. OS Distro Linux LXLE (turunan Lubuntu 12.04 dengan fitur game-game mini). Untuk office ada WPS/Kingsoft dan LibreOffice. Terserah clint mau pilih mana? Lengkap to? Tapi microsoft office tidak ada, bro!
  6. Client 6, Sandybridge, ram 4 gb. Game PB, Lost Saga, game-game kecil. OS XP 2. Tidak mau banyak-banyak kasih keterangan untuk yang satu ini, wkwkwkw.
  7. Client 7, Xeon, ram 2 gb (ddr3). OS Win7 Home edition. Menjadi mesin percobaan dan lab virtual.
  8. Client 8, lga, ram 2 gb (ddr3). Dengan Zorin sebagai sistem operasinya, tapi hampir sebulan ini drop. restart melulu. :D Kayane mobo mulai lelah.
  9. Client 9, kosong masih. Hanya bangku lesehan, hehe. rencana buat studio recording. Kalau nanti dapat, rencana sejenis slackware. Dulu pernah pake Zencafe 2.2. Nyoba zenwalk juga udah (agar berat). Lebih bagus dan nyaman Zencafe.
  10. Server, p4, ram 512, bekas beli di bank danamon. dual booting, XP dan Wattos R6. Mengkek-mengkek tapi tetap online terus. Pengudaraan dan Power Suply sangat bagus dan menjamin. Jadi aman sebagai server.
Oke, sekian dulu ya pemirsa.....

No comments:

Post a Comment