Saturday, September 14, 2013

Hadapi! Lupakan Passion!

Billing Warnet. Mempopulerkan Linux ke lingkungan.
Lupakan Passion, Fokuslah Pada Proses! Ini sebuah judul bacaan yang penulis dapati malam ini, lalu mengalir untuk menanggapi bacaan tersebut!

Passion itu semacam cita-cita, hobi, atau pekerjaan yang kita sukai. Namun nyatanya, hidup itu tidak melulu sesuai dengan apa yang diharapkan. Hidup selalu penuh hal tak terduga yang seringkali tidak menyenangkan.

Termasuk profesi yang dimiliki siapapun, terkadang orang mendapat pekerjaan yang enak-nyaman, terkadang juga mendapat pekerjaan yang tidak disukai dan bahkan cenderung sumpek memikirkan dan menjalani pekerjaan itu. Dan terkadang merasa terpaksa melakukannya.

Tapi itulah kehidupan, jalani saja. Jalani yang terbaik di tiap harinya, karena tantangan di tiap hari yang berbeda--dengan menyikapi penuh lapang dada dan sabar--barangkali dengan itu bisa mendapati kebahagian-kebagian kecil yang dapat menambah gairah hidup. Bertemu dengan orang-orang baru, masalah-masalah baru, kebutuhan baru namun dapat mengakali kondisi tersebut.

Meski keadaan terlihat susah. Teruskan saja proses itu, hingga ia selesai atau memang pantas untuk segera disudahi. Dan diganti dengan pekerjaan atau passion yang lain. Kenyamaan itu bisa datang dengan sendirinya, tapi terkadang kita bisa mengkondisikannya. Bukan begitu, bro!

Motivasi itu penting, namun juga terkadang tak akan ada maknanya bila pribadi yang bersangkutan tidak dapat melaksanakan apa yang menjadi tanggungannya. Penulis teringat pemahaman temuan tempo dulu: Ada dua kemungkinan baik kau punya cita-cita ataupun tidak punya cita-cita, adalah mungkin berhasil juga mungkin tidak berhasil! Karena inilah kehidupan! Bukan manusia saja yang dapat mengatur, ada Si Maha, ingat itu!

Nikmati harimu! Garam asin, pelengkap makanmu! Haha!

No comments:

Post a Comment