Wednesday, September 25, 2013

Zencafe Dicoba di Lab Virtual Uprus

Hasil Capture di Lab Virtual upruss n ojo upruss!!
Zencafe ini adalah racikan A. Hardiana. Indonesia punya. Sebuah distro yang dirancang khusus untuk warnet. Segala aplikasinya ditujukan untuk memudahkan untuk keperluan warnet, plus billing yang telah tersedia.

Distro ini turunan zenwalk, sedang zenwalk turunan slackware, bisa berjalan pada konfigurasi minimal P III/128 Mb memori. Versi terakhir adalah 2.2 yang rilis pada juli 2010. Sedang rilis pertama versi  1.4 pada maret 2009. Sedang versi 2.0 rilis pada april 2009.
>> 1.4 dengan kernel 2.6.23.16
>> 2.0 dengan kernel 2.6.28.7
>> 2.2 dengan kernel 2.6.33.4

Pengalaman coba install, berikut ini. Pada kondisi P IV ram 215 MB, tidak ada live cd. Artinya kudu langsung intsall kalau mau coba. Proses installasi cukup lama, meski terbilang mudah. Butuh waktu 40 menit lebih, beda dengan wattos atau derivasi ubuntu, yang biasanya butuh 20 menit. Sebab lama karena ekstraksi dan installing per pakatnya, file 1:3 soal ekstraksi. Setelah auto install, kita akan diminta untuk membuat akun user dan passwordnya. Secara umum, zencafe mudah digunakan, aplikasi terbilang lengkap, dan sangat stabil.
File manager menggunakan Tunar Manager, Shortcut tidak bisa dibuat via menu dengan klik kanan, tapi dengan klik kanan di desktop lalu buat shortcut manual (jadi mudah sekarang, dulu pernah coba di tahun 2012, kelihatan sulit :D). Pengaturan session and starup mudah, bisa dimodif. Dan kemudahan lainnya.

Mau coba, mampir ke up_ruzz.net alias uprus Kampungsongo Kaliwungu Kedungwungu Tegaldlimo Banyuwangi. Barat jl. Pasar Kalipait, selatan jalan. Linux untuk Tegaldlimo Banyuwangi.

No comments:

Post a Comment