Saturday, September 14, 2013

Kembalikan Dokumenku

Dokumentasi pribadi di Malang, ujian kerja, tahun 2011.
SERING penulis menyampaikan ke teman-teman pelanggan yang masih bersekolah, yang datang untuk mencetak naskah tugas dan/atau men-jilid naskah tersebut untuk meminta kembali naskah yang mereka setorkan ke guru pengampu/penugas/pemegang mata pelajaran. Kenapa penulis menyampaikan uneg-uneg ini, pasalnya ada mata rantai ketidakmanfaatan ketika dokumen/naskah/makalah tertumpuk di sekolah. Akan lebih baik itu dikembalikan kepada murid sehingga menjadi informasi "yang dipegang" untuk tambahan informasi "masing-masing pelajaran".

Hemat penulis, guru hanya cukup:
1. Mengetahui naskah tugas/PR tersebut benar-benar dikerjakan oleh murid-murid yang seperti yang ia intruksikan,
2. Memeriksa naskah tersebut dan memberikan penilaian atas tugas yang mereka kerjakan
3. Wajib mengembalikan naskah tersebut kepada murid-murid dengan memberi catatan perbaikan dan motivasi (dua hal ini penting).

Hal ini dikarenakan beberapa alasan yang menurut penulis tepat, yakni:
1. Murid berhak atas dokumentasi tugasnya agar dapat dibaca ulang di rumah
2. Tidak adanya manfaat lebih bila naskah-naskah tugas harian/mingguan/kelompok/dll berupa makalah terjilid itu selalu tertumpuk di sekolah ataupun di rumah guru
3. Naskah yang dikembalikan murid bisa menjadi pustaka kecil pribadi dan menjadi catatan pelajaran tambahan tersendiri atas mata pelajaran yang diberikan guru

Cukup sekian dan terimakasih ^_^
--------------------------------------------
Catatan Tambahan:
* Yang dimaksud dokumen di sini adalah tiap tugas harian/mingguan mata pelajaran apapun berupa makalah terjilid/tercetak dengan beberapa lembar yang cukup "makan biaya".
* Untuk tugas akhir tahun, baik individu maupun kelompok, penulis memperoleh informasi dari pelanggan bahwa mereka sudah mendapati salinan tugasnya (memang hal ini diintruksikan oleh pihak sekolah).
* Kalau guru menganggap naskah murid itu sangat bagus, dan ia ingin memiliki, maka dialah yang harus mengeluarkan biaya untuk meng-kopi-nya dan mengembalikan naskah murid tersebut.

No comments:

Post a Comment